BeritaEventPengajaran

Tour Lab: Kunjungan Siswa SMA Pondok Qur’an Boarding School ke Laboratorium Terpadu UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam Menumbuhkan Minat dan Ketertarikan pada Ilmu Pengetahuan Alam

Bandung – Laboratorium terpadu UIN Sunan Gunung Djati Bandung senantiasa membuka pintu lebar untuk menerima kunjungan dari lembaga yang ingin bekerja sama dengan lembaga setingkat perguruan tinggi atau tingkat sekolah menengah.

Jum’at (14/2), Laboratorium Terpadu UIN Sunan Gunung Djati Bandung menerima kunjungan dalam rangka tour lab dari SMA Pondok Qur’an Boarding School. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 19 peserta dengan dua pembimbing. Seluruh peserta merupakan murid dari SMA Pondok Quran Boarding School yang juga merupakan para penghafal al-Quran.

Kunjungan ini ditujukan kepada program studi dalam rumpun Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang meliputi Biologi, Fisika dan Kimia.

Kegiatan ini diawali dengan penerimaan sekaligus pembukaan kegiatan yang dilakukan pada pukul 09.00 WIB bertempat di Ruangan Instrumentasi Laboratorium Terpadu UIN. Agenda pembukaan dihadiri oleh Kepala dan Sekretaris Laboratorium Terpadu  serta masing-masing ketua Laboratorium Program studi yang terdiri dari program studi rumpun IPA (Pendidikan Biologi, Biologi, Pedidikan Fisika, Fisika, Pendidikan Kimia dan Kimia). Dalam sambutannya, Kepala Laboratorium Terpadu UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Tri Cahyono, mengatakan bahwa sebagai seorang muslim hendaknya kita jangan hanya tahu tentang ilmu agama saja, melainkan harus dapat menguasai pula ilmu yang berkaitan dengan alam / IPA. Tri mengatakan bahwa saat ini hanya sedikit saja muslim yang tahu bahwa banak ilmuan muslim yang taat juga dapat menghasilkan penemuan-penemuan baru dalam sejarah ilmu pengetahuan seperti Ibnu Sina dibidang kedokteran dan Kimia dan lain sebagainya. Melalui kegiatan ini ia berharap bahwa siswa/I dari SMA Pondok Quran Boarding School selain hafal dan faham Al-Quran, dapat pula memiliki ketertarikan dan pemahaman mengenai Ilmu Pengetahuan Alam.

Dok. Siswa SMA Pondok Qur’an Boarding School saat praktikum Faktor-faktor yang mempengaruhi Laju Reaksi dan Integrasinya dengan Al-Qur’an

Rangkaian kegiatan inti kunjungan laboratorium terpadu UIN Sunan Gunung Djati ini diawali dengan pembelajaran praktikum Biologi yang diikuti oleh siswi dari SMA Pondok Quran Boarding School mengenai “Pembedahan Mencit untuk Mengamati Sistem yang Terdapat pada Mamalia”. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pembelajaran Praktikum Kimia mengenai “Faktor-faktor yang mempengaruhi Laju Reaksi dan Integrasinya dengan Al-Qur’an”. Kemudian, kegiatan terakhir yang dilakukan adalah pembelajaran Praktikum Fisika mengenai “Percobaan Archimedes dan Gaya Gesek’ yang diikuti oleh siswa dari SMA Pondok Quran Boarding School.

Dok. Siswa SMA Pondok Qur’an Boarding School sedang mengkomunikasikan hasil praktikum Faktor-faktor yang mempengaruhi Laju Reaksi dan Integrasinya dengan Al-Qur’an

Kegiatan kunjungan laboratorium terpadu UIN Sunan Gunung Djati ini ditutup dengan penutupan dan pembacaan do’a serta dilakukan foto bersama seluruh peserta dan panitia terkait. Dengan diadakannya kegiatan Kunjungan Laboratorium Terpadu UIN Sunan Gunung Djati ini diharapkan dapat menambah eksistensi Program Studi rumpun IPA  UIN Sunan Gunung Djati Bandung di kalangan masyarakat serta dapat menumbuhkan minat dan ketertarikan siswa/I tingkat sekolah menengah dalam mempelajari dan memahai Ilmu Pengetahuan Alam.

Reporter: Agi Achmad Fauzi

Dok. Kegiatan foto bersama tour laboratorium terpadu, Jumat (14/2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *