BeritaEventPenelitianPengajaranPrestasiUncategorized

Program Studi Pendidikan Kimia Menjadi Bagian Kegiatan Kolaborasi Akademik Internasional di Universiti Malaya, Kuala Lumpur

Kuala Lumpur, 2 Agustus 2023 – Program Studi Pendidikan Kimia dari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia. Telah mengambil bagian dalam Lawatan Akademik dan Kolaborasi Penyelidikan yang berlangsung di Universiti Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia pada tanggal 1-2 Agustus 2023. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi para akademisi untuk berkolaborasi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu.

Acara ini dibuka dengan penjelasan umum oleh tuan rumah acara dan penyambutan hangat dari Dekan Fakulti Pendidikan Universiti Malaya. yang disampaikan oleh wakil dekannya. Dan Dr. Hj. Cucu Zenab Subarkah, M.Pd., sebagai Ketua Jurusan Pendidikan MIPA dari UIN SGD Bandung, dengan memberikan sambutan tentang kerjasama antar universitas di tingkat internasional dalam memajukan bidang pendidikan dan penelitian.

Kegiatan ini mencakup serangkaian sesi pengenalan terhadap pendidik, tenaga kependidikan, dan kegiatan akademik di Fakulti Pendidikan, Universiti Malaya, serta di Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN SGD Bandung, Indonesia. Ini adalah peluang bagi para akademisi untuk saling bertukar pengalaman dan wawasan dalam konteks pendidikan di dua institusi yang berbeda.

Pada sesi pembicaraan kerjasama, topik-topik utama termasuk inovasi media pembelajaran kimia, penelitian kolaboratif, publikasi bersama, pertukaran tenaga ahli bidang pendidikan kimia, dan kerjasama dalam pengabdian masyarakat. Para pembicara dari Universiti Malaya meliputi Prof. Madya Dr. Rose Amnah Abd Rauf (Ketua Jabatan Pendidikan Matematik dan Sains), Dr. Renuka V Sathasivam (Senior lecturer; Jabatan Pendidikan Matematik dan Sains), dan Dr. Chua Kah Neng (Pensyarah Kanan; Jabatan Pendidikan Matematik dan Sains), sementara dari UIN SGD Bandung hadir Prof. Dr. Ida Farida Ch, M.Pd. (Ketua Prodi Pendidikan Kimia), Dr. Cucu Zenab Subarkah, M.Pd. (Ketua Jurusan Pendidikan MIPA), Dr. Neneng Windayani, M.Pd. (Dosen dan Sekretaris Lab Terpadu, Prodi Pendidikan Kimia), Dr. Risa Rahmawati S, M.Pkim. (Dosen, Prodi Pendidikan Kimia) dan Ferli Septi Irwansyah, M.Si selaku (Dosen dan Chief Editor Jurnal Tadris Kimia, Prodi Pendidikan Kimia). Mereka berbagi pandangan dan pengalaman dalam upaya memperkuat sinergi dalam bidang pendidikan dan penelitian kimia.

Selama kunjungan, para peserta juga memiliki kesempatan untuk mengobservasi fasilitas dan perangkat pembelajaran di kelas serta laboratorium yang ada di Fakulti Pendidikan, Universiti Malaya. Hal ini memberikan wawasan praktis tentang pendekatan pembelajaran dan penelitian yang digunakan di institusi ini. Salah satu sorotan dari kegiatan ini adalah diskusi mengenai kerjasama dalam hal penerbitan jurnal ilmiah. Para peserta membahas tentang kolaborasi dalam penyuntingan, peninjauan, dan pengiriman artikel ilmiah untuk Jurnal Tadris Kimiya (JTK), yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Kimia di UIN SGD Bandung.

Dengan berakhirnya acara kolaborasi ini, para peserta pulang dengan banyak ide, inspirasi, dan kerjasama potensial yang diharapkan akan berkontribusi pada perkembangan pendidikan dan penelitian di bidang kimia serta memperkuat hubungan antara kedua institusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *