BeritaHAMKAPrestasi

Pelepasan Wisuda ke-74 Pendidikan MIPA UIN Bandung, Rayakan kelulusan 41 Mahasiswa

Bandung – Pendidikan MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) menggelar acara Pelepasan Wisuda ke-74 di Aula Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Kegiatan ini merupakan pelepasan mahasiswa dan penyerahan kembali kepada orang tua setelah menimba ilmu selama kurang lebih dari empat tahun dan telah berhasil menyelesaikan skripsi sebagai salah satu syarat kelulusan.

Sejumlah 41 Mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA yang diantaranya berjumlah 15 orang Mahasiswa Pendidikan Kimia merayakan kelulusannya. Acara yang mengangkat tema “Merajut Asa, Menyongsong Masa Depan” dimulai pada pukul 13.00 WIB yang dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Prosesi Pelepasan wisuda ini tidak hanya dihadiri oleh wisudawan tetapi dihadiri pula oleh masing-masing Ketua Prodi Jurusan MIPA beserta jajaran dosen, dan perwakilan orang tua wisudawan.

Dok. Suasana Pelepasan Wisuda ke-74 di Aula Fakultas Tarbiyah, 14 Juni 2019

Mengawali kegiatan sambutan, Ridha Rizqia Zahra, S.Pd. sebagai Peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Tertinggi se-Jurusan MIPA, mengucapkan rasa terima kasih kepada jajaran dosen “Terima kasih kepada seluruh dosen yang telah bekerja keras, membimbing dan mengarahkan kami selama perkuliahan.” Ucap sang peraih IPK 3.85. Tak hanya mengucapkan rasa terima kasih, Ridha meminta doa untuk kesuksesan seluruh wisudawan dan berterima kasih kepada panitia penyelenggara “Mohon doa untuk kesuksesan yang akan datang, dan terima kasih kepada seluruh penyelenggara pelepasan wisuda ini” Pungkas Ridha (14/6)  

Dok. Sambutan dari Ridha Rizqia Zahra, Peraih IPK Tertinggi se-Jurusan MIPA pada Pelepasan Wisuda ke-74

Orang tua Wisudawan dari Peraih IPK Tertinggi, yakni Rosilawati menyampaikan sambutannya dengan memberikan sebuah kutipan “Orang tua hanya memberi sepiring nasi kepada anaknya yang nantinya akan kenyang dalam waktu sehari saja, sedangkan dosen mengajarkan bagaimana cara mengolah padi untuk bisa mempertahankan hidupnya di hari-hari selanjutnya.” Ucap Rosi (14/6). “Maka dari itu, saya sangat berterima kasih atas dedikasi para dosen yang tiada henti dalam membimbing putra-putri kami” Tuturnya. Dengan dedikasi yang diberikan dosen, Rosi menyatakan bahwa hal tersebut memberikan perubahan kepada keluarganya. “Keteladanan dosen memberikan perubahan kepada keluarga, keteladanan tersebut, mengubah pola pikir agar terus berpikir positif dan berpikir untuk terus maju. Terima kasih saya ucapkan. Dengan itu, saya sangat setuju dengan sebuah kutipan dari Nielson Mandela. Bahwa Dunia bisa dipatahkan dengan Pendidikan, dengan Pendidikan bisa meraih Dunia” pungkas Rosi (14/6).

Dok. Sambutan dari Rosilawati, selaku Orang Tua Wisudawan pada Pelepasan Wisuda ke-74

Kegiatan sambutan dilanjutkan oleh Ketua Jurusan MIPA, Dr. Idad Suhada, M.Pd., sekaligus membuka acara Pelepasan Wisuda. Dalam sambutannya, Idad mengucapkan selamat kepada wisudawan dan berpesan agar terus menjaga nama baik almamater. “Selamat atas empat tahun atau lebih telah menyelesaikan studi. Saya harap antum mampu menjaga nama baik almamater”. Tak hanya itu, Idad menyampaikan bahwa sikap dosen ketika masa perkuliahan merupakan salah satu cara untuk membentuk kepribadian seorang pendidik yang profesional “Selalu ada liku-liku, pasang surut kuliah, dosen kami bukan galak atau sangar, tetapi semata menerapkan kedisiplinan. Agar antum semua memiliki kepribadian, karena proses kuliah membentuk pribadi profesional guru yang disiplin” Tutur Idad (14/6). Setelah itu, Idad menyerahkan para wisudawan kepada orang tua untuk dibina lebih lanjut “Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya serahkan putra-putri bapak dan ibu untuk dibina lebih lanjut.”

Dok. Sambutan dari Dr. Idad Suhada, M.Pd., selaku Ketua Jurusan Pendidikan MIPA pada Pelepasan Wisuda ke-74

Rangkaian acara yang paling ditunggu ialah pembacaan profil dan pemberian Piagam Penghargaan kepada para wisudawan. Pembacaan Profil wisudawan diantaranya adalah membacakan nama wisudawan dan judul skripsi yang telah diselesaikan. Diawali dengan pemberian piagam penghargaan kepada wisudawan Prodi Pendidikan Fisika, dilanjutkan dengan Prodi Pendidikan Kimia dan diakhiri dengan Prodi Pendidikan Matematika. Kemudian kegiatan pelepasan wisudan ditutup dengan doa dan foto bersama.

Reporter: Sindy Alriyanti (PPM HAMKA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *