EventHAMKAUncategorized

Pekan Raya Pendidikan Kimia (PERAK) 2023

Sabtu, 17 Juni 2023 Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia (HAMKA) UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah menyelesaikan kegiatan Pekan Raya Pendidikan Kimia (PERAK) 2023 di Gedung PPG lt.4 Kampus 2 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dengan mengusung tema “Acquiring Great Solidarity From the Excellent Moments in Fantastic Instrumental”. PERAK merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan oleh HAMKA dalam rangka memperingati milad program studi Pendidikan Kimia UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan berbagai rangkaian acara, mulai dari perlombaan, seminar nasional dan juga workshop yang dapat diikuti oleh mahasiswa maupun masyarakat umum. Beberapa perlombaan yang dilaksanakan diantaranya lomba Desain Grafis, video eksperimen, VOCATION (Vocal Art Creation), dan TITRASI. Selain itu, kegiatan tersebut juga menjadi ajang pemilihan Putra Putri Pendidikan Kimia 2023.

Adapun workhsop yang dilaksanakan pada kegiatan tersebut membahas mengenai “Optimalisasi Kreativitas dalam Problematika Penulisan Karya Tulis Ilmiah yang Berkualitas” dan diikuti oleh 200 lebih peserta dari berbagai kalangan, baik secara offline maupun online. Sedangkan seminar nasional pada kegiatan tersebut membahas seputar “Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Era Society 5.0” yang diikuti sebanyak 250 lebih peserta secara hybrid, baik dari mahasiswa, dosen, guru, maupun tenaga pendidik lainnya.

Setelah kurang lebih selama 1 bulan, akhirnya Final Moment PERAK 2023 dapat dilaksanakan. Acara puncak atau yang biasa disebut dengan Final Moment tersebut dilaksanakan di Gedung PPG lt.4 Kampus 2 UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 17 Juni 2023. Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai elemen, mulai dari Ketua Jurusan pendidikan MIPA yaitu Ibu Dr. Hj. Cucu Zenab Subarkah, M.Pd, Ketua Program Studi Pendidikan Kimia yaitu Ibu Dr. Hj. Ida Farida Ch, M.Pd, Ketua Laboratorium Pendidikan Kimia yaitu Ibu Sari, M.Pd, pengurus HAMKA, demisioner pengurus HAMKA, mahasiswa Pendidikan Kimia, tamu undangan dari berbagai jurusan, serta mahasiswa dari Universitas Pendidikan Indonesia yang menjadi peserta lomba pada kegiatan PERAK tersebut. 

Kegiatan Final Moment PERAK 2023 terbagi kedalam dua sesi rangkaian acara, yaitu formal dan nonformal. Pada rangkaian acara formal diisi dengan sambutan dari Ketua Umum HAMKA, Ketua Program Studi Pendidikan Kimia, dan Ketua Jurusan Pendidikan MIPA. Dalam sambutan yang disampaikan, Ketua Umum HAMKA menekankan pentingnya sinergitas antara HAMKA dengan program studi pendidikan kimia dalam menunjang setiap program yang akan direalisasikan, baik oleh himpunan maupun  program studi pendidikan kimia tersendiri. Disamping itu, Ketua Umum HAMKA juga mengajak seluruh mahasiswa pendidikan kimia untuk berkontribusi secara proaktif bagi kemajuan program studi pendidikan kimia, baik dengan cara menyampaikan aspirasi maupun secara nyata melalui aksi. Selain itu terdapat juga sambutan dari Ketua Program Studi Pendidikan Kimia yang mengaksentuasikan dukungan penuh dari program studi terhadap setiap program kerja yang telah dicanangkan oleh HAMKA. Pada kesempatan tersebut, Ibu Dr. Ida Farida Ch, M.Pd juga menyampaikan bahwa sambutan ini merupakan momentum terakhirnya pada kegiatan HAMKA dalam sisa masa jabatannya. Adapun dalam sambutan yang disampaikan oleh Ketua Jurusan Pendidikan MIPA, beliau menekankan pentingnya inovasi yang harus dikembangkan oleh mahasiswa. Setiap mahasiswa harus memiliki inovasi dalam hidupnya, karena adanya inovasi menjadi indikasi adanya kemajuan dalam pemikiran.

Selain memberikan sambutan, Ketua Jurusan Pendidikan MIPA juga berkesempatan menutup seluruh rangkaian kegiatan PERAK 2023 secara simbolis. Didampingi oleh Ketua Program Studi Pendidikan Kimia dan juga Ketua Laboratorium Pendidikan Kimia, ketiganya secara bersamaan menyemprotkan cairan indikator fenolftalein pada kertas karton yang telah diberi tulisan menggunakan cairan basa, sehingga terbentuk tulisan berwarna merah muda yaitu “Selamat Milad Ke-25 Program Studi Pendidikan Kimia”.

Setelah ditutup secara simbolis, kegiatan dilanjutkan pada rangkaian acara nonformal yang diisi dengan berbagai hiburan, mulai dari penampilan kesenian tari tradisional yang dipersembahkan oleh Divisi Pengembangan Seni HAMKA, penampilan pemenang lomba VOCATION, penampilan Putra Putri Pendidikan Kimia berbakat, penayangan video Behind The Scene PERAK 2023, pengumuman kejuaraan, persembahan live music dari Guest Star PERAK 2023, dan ditutup dengan melakukan flashmob bersama. Pada kegiatan PERAK 2023 ini Himpunana Mahasiswa Pendidikan Kimia (HAMKA) memberikan apresiasi kepada seluruh pemenang lomba, terutama Juara Umum PERAK 2023 yang berhasil direbut oleh Anandita Rubidium (kelas 2A) dari juara bertahan sebelumnya, yaitu Auxochrome (kelas 6A). Apresiasi tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi agar mahasiswa pendidikan kimia dapat terus mengembangkan minat dan bakatnya pada skala dan jenjang yang lebih tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *