Uncategorized

ORBITAL 2023: Membuka Lembaran Baru Mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bandung, 5 Oktober 2023 –

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia (HAMKA) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung dengan penuh kebanggaan melaporkan berhasilnya penyelenggaraan ORBITAL 2023, sebuah perhelatan orientasi bimbingan yang dirancang dengan cermat untuk memberikan pemahaman mendalam dan menginspirasi mahasiswa baru. Dengan tema “Implementasi Peran Al Chemist sebagai Moral Force and Agent of Change dalam Mewujudkan Generasi yang Ethical, Innovational, and Inspirational“.

ORBITAL 2023 adalah sebuah landasan penting dalam membentuk karakter dan kompetensi unggul bagi generasi penerus. Rangkaian ORBITAL 2023, yang digelar mulai tanggal 2 September hingga 1 Oktober 2023, tidak hanya sekadar serangkaian kegiatan, melainkan sebuah perjalanan yang membangun fondasi yang kuat bagi mahasiswa baru pendidikan kimia. Berikut adalah ikhtisar dari peristiwa-peristiwa penting selama ORBITAL 2023:

Sosialisasi Chemical dan ORBITAL (2 September 2023) sebagai Pintu gerbang ORBITAL dibuka dengan sebuah sesi sosialisasi yang mendalam, memastikan bahwa mahasiswa memahami sepenuhnya tujuan dan signifikansi kegiatan ini dalam membentuk pemahaman mendalam tentang ilmu kimia dan orientasi di jurusan ini.

Coaching of Chemistry Education (Concentration)

Dalam dua pertemuan yang membentang selama masa ORBITAL, mahasiswa baru mengikuti kegiatan “Mentoring Orbital” (MOL), yang merangkul pembahasan mendalam tentang Ayat-ayat Sains, Pembentukan Akhlakul Karimah, Ilmuwan Muslim, serta landasan dasar kehidupan. Di samping itu, “Momentum Belajar Kimia Bersama Teman Sebaya” (MOLARITAS) menjembatani pemahaman stoikiometri dan Hukum Dasar Kimia dengan cara yang inspiratif.

Alchemist Discussion and Sharing Information (ADISI)

ADISI, sebagai penanda pengenalan akademik, menggali elemen-elemen yang berkontribusi pada perkembangan intelektual dan moral mahasiswa. Ini termasuk penyajian sejarah Perjuangan Mahasiswa (SPM), perkenalan dengan IKAHIMKI (Ikatan Himpunan Mahasiswa Kimia Indonesia), wawasan tentang “Build Dreams” , pembelajaran pengenalan jurnal, dan pelatihan teknik persidangan. Selain itu, di sini terjadi “Alchemist Adu Skill” (ALKIL) yang menantang kelompok mahasiswa untuk berlomba dalam kecerdasan dan “Presentasi Hasta Karya Kelompok” sebagai penanda pencapaian.

Ketiga rangkaian acara di atas merupakan persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa baru untuk mendapatkan tiket masuk ke dalam ORBITAL yang mendalam. Puncak ORBITAL 2023 terjadi pada tanggal 24 September 2023, saat diadakan Open House yang secara simbolis dibuka oleh Ketua Prodi Pendidikan Kimia UIN Sunan Gunung Djati Bandung yaitu ibu Dr.Risa Rahmawati S,M.PKim. Dalam sesi ini, mahasiswa baru diperkenalkan dengan materi manajemen organisasi yang mendalam.

Pada tanggal 29-30 September, mahasiswa memasuki babak penentuan dengan kegiatan TITANIUM. Acara ini mencakup sidang Ketua Angkatan dan nama angkatan, Chemistry Outbound (CARBON), dan penampilan Pentas Seni yang kreatif. Kegiatan ORBITAL ini diakhiri dengan megah pada tanggal 1 Oktober 2023 melalui acara Final Moment yang dirangkum dengan penuh semangat.

Ketua Prodi Pendidikan Kimia secara resmi melepaskan name tag peserta dan memasangkan jas almamater kepada mahasiswa baru, yang menandakan peralihan status mereka. Selain itu, pada saat yang sama, mahasiswa baru diperkenalkan tentang Kehamkaan, ORBITAL award yang memperingati prestasi, dan sebuah flashmob yang meriah. Dengan pengalaman ORBITAL ini, mahasiswa baru tahun 2023 sekarang secara resmi dinyatakan sebagai mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Sunan Gunung Djati Bandung. ORBITAL 2023 tidak hanya menginspirasi, tetapi juga mendorong mereka untuk menjadi agen perubahan yang etis, inovatif, dan inspirasional dalam masyarakat. Selamat dan teruskan semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *