Berita

Mahmud Resmi Dilantik Menjadi Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Bandung – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin kembali melantik Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung periode 2019-2023. Pelantikan dan Prosesi Pengambilan Sumpah Jabatan dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta Pusat, Selasa (23/07).

Prosesi pelantikan ini dihadiri Sekretaris Jenderal Kemenag, M Nur Kholis Setiawan., Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kamarudin Amin., dan seluruh pejabat eselon II dan III di lingkungan Kemenag.

Menag Lukman dalam sambutannya mengingatkan bahwasannya jabatan bukanlah sekedar kepercayaan melainkan sebuah kehormatan.

“Jabatan hakikatnya tidak sekedar kepercayaan melainkan sebuah kehormatan. Saudara adalah pimpinan tertinggi di perguruan tinggi keagamaan negeri. Saudara menjadi rujukan, acuan dan teladan bagi seluruh PTKIN yang ada di Indonesia.” Pesan Menag, Selasa (23/07).

Kemudian Menag Lukman menitipkan pesan agar rektor mampu menjaga eksistensi kampus UIN sebagai Perguruan Tinggi Agama Negeri. “PTKIN di Indonesia adalah lembaga pendidikan Islam yang tertinggi dan mengawal agar bangsa ini senantiasa terjaga dan terpelihara, khususnya terkait pemahaman keislaman mapun dalam bentuk pengalaman ajaran agama Islam. Oleh para pendahulu, kehadiran PTKIN dalam rangka menjaga Indonesia dan keislaman yang moderat. Semoga di bawah kepemimpinan saudara, UIN semakin berkembang dan maju.” Tutur Menag.

Prosesi pelantikan tiga rektor UIN (Foto : Sugioto)

Selain Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Menag Lukman juga melantik dua rektor UIN lainnya, yang diantaranya adalah Prof Hamdan sebagai Rektor UIN Alauddin Makasar dan Prof. Imam Taufiq sebagai Rektor UIN Walisongo Semarang.

Penulis : Sindy Alriyanti (Mahasiswi Pendidikan Kimia)

Editor : Rd. Ismail Hakim (Mahasiswa Pendidikan Kimia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *