BeritaPrestasi

MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA RAIH JUARA 3 LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL

Pada kegiatan Pekan Raya Saintek yang diselenggarakan oleh Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung meraih juara 3 dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional.

Lomba Karya Tulis Ilmiah yang bertemakan “Penerapan Konsep Karya yang Kreatif dan Inovatif untuk Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs)” ini diikuti oleh berbagai Universitas yang tersebar di seluruh Indonesia. Tahapan Lomba meliputi seleksi naskah, kemudian diambil 5 tim terbaik untuk mengikuti tahap final berupa presentasi yang dilaksanakan pada 17 November 2017.

Kelima tim tersebut berasal dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Tanjungpura, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, dan Universitas Pertamina. Judul yang diajukan oleh masing-masing tim beragam, dari mulai bidang pengembangan pendidikan inklusif, inovasi dalam pengolahan air, dan pemanfaatan limbah sebagai alternatif sumber energi.

Tim SGD Chemist asal UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang beranggotakan tiga orang mahasiswa mengangkat judul Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Kreativitas dan Pemahaman Multipel Representasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Karya tulis ini mengemukakan tentang sebuah proses pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan kreativitas dan kemampuan multipel representasi sains peserta didik dengan menggunakan media sosial yang paling aktif digunakan di Indonesia saat ini, yaitu YouTube. Media sosial Youtube memiliki konten Vlog yang akhir-akhir ini sedang trend, terutama di kalangan remaja sebagai usia yang seharusnya lebih produktif. Konten Vlog yang kebanyakan diisi oleh kegiatan sehari-hari, -bahkan satu tahun ke belakang malah dipenuhi dengan gaya kebarat-baratan, hedonisme, sampai cacian/makian, dapat mempengaruhi penonton dari segi kognitif, afektif dan behavioral. Dengan berlandaskan hal ini, mengapa tidak untuk memanfaatkan media Vlog tersebut dalam proses pembelajaran.

Diharapkan mahasiswa yang sudah berprestasi di tingkat nasional tersebut dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berkarya, mengembangkan potensi, membuat inovasi, dan mengharumkan almamater. Sehingga visi UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk menjadi universitas yang unggul dan kompetitif berbasis wahyu memandu ilmu di ASEAN dapat segera terwujud.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *