Kurikulum


KURIKULUM

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA -S1

JURUSAN PENDIDIKAN MIPA

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN

[su_tabs active=”3″][su_tab title=”PROFIL LULUSAN” disabled=”no” anchor=”” url=”” target=”blank” class=””]

Profil utama lulusan Program Studi Pendidikan Kimia adalah pendidik pada mata pelajaran kimia di MA/SMA/SMK yang memiliki kompetensi pedagogik, professional, sosial dan kepribadian islami berbasis pendekatan integrasi keilmuan dan keislaman yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi.

No

Profil Deskripsi Profil
1.

Pendidik kimia

Pendidik, fasilitator pembelajaran kreatif, inovatif dengan penguasaan materi kimia yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi serta berkepribadian islami

2.

Peneliti pemula pendidikan kimia

Pengkaji permasalahan pendidikan kimia dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah

[/su_tab] [su_tab title=”CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN” disabled=”no” anchor=”” url=”” target=”blank” class=””][su_spoiler title=”Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai (CP-STN) ” open=”no” style=”simple” icon=”plus-square-1″]

Setiap lulusan Sarjana Program Studi Pendidikan Kimia harus memiliki sikap sebagai berikut:

CP-STN1: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

CP-STN2: Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika

CP-STN3: Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

CP-STN4: Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan negara

CP-STN5:  Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

CP-STN6:   Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

CP-STN7:   Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

CP-STN8:   Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

CP-STN9:   Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

CP-STN10: Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

CP-STN11:Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya.

[/su_spoiler][su_spoiler title=”Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan Umum (CP-PU) dan Pengetahuan Khusus (CP-PK) ” style=”simple” icon=”plus-square-1″]

Lulusan program sarjana Pendidikan Kimia wajib memiliki pengetahuan umum sebagai berikut:

CP-PU1: Memiliki pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, dan wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;

CP-PU2: Memiliki pengetahuan terkait dengan cara mengemukakan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);

CP-PU3: Memiliki pengetahuan terkait dengan pengembangan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);

CP-PU4: Memiliki pengetahuan terkait dengan pengembangan kemampuan berfikir kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;

CP-PU5: Memiliki pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatanlil ‘alamin

CP-PU6: Memiliki kemampuan penguasaan pengetahuan terkait dengan integrasi keilmuan dan keislaman sebagai paradigma keilmuan;

CP-PU7: Mampu mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika keislaman dalam mengembangkan kewirausahaan yang berbasis proses kimia.

Lulusan program sarjana Pendidikan Kimia wajib memiliki pengetahuan khusus sebagai berikut :

CP-PK1: Menguasai konsep teoretis tentang struktur, dinamika, dan energi bahan kimia, serta prinsip dasar pemisahan, analisis, sintesis dan karakterisasinya;

CP-PK2: Menguasai konsep teoretis tentang teori pendidikan, perkembangan peserta didik, pengetahuan pedagogik kimia, metodologi pembelajaran, kurikulum, dan evaluasi pembelajaran;

CP-PK3: Menguasai prinsip-prinsip K3 (Keselamatan dan Keamanan Kerja), pengelolaan laboratorium dan penggunaan peralatannya serta cara mengoperasikan instrumen kimia;

CP-PK4: Menguasai dasar-dasar metode ilmiah dan prinsip-prinsip penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran kimia.

[/su_spoiler][su_spoiler title=”Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum (CP-KU) dan Keterampilan Khusus (CP-KK) ” style=”simple” icon=”plus-square-1″]

Lulusan Program Sarjana Pendidikan Kimia wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

CP-KU1: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

CP-KU2: Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.

CP-KU3: Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai  dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tatacara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

CP-KU4: Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam perguruan tinggi.

CP-KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

CP-KU6: Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

CP-KU7: Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

CP-KU8: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

CP-KU9: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi;

CP-KU10: Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;

CP-KU11: Mampu berkomunikasi dengan baik minimal secara tulisan dengan menggunakan bahasa Inggris dan/atau Arab dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);

CP-KU12: Mampu membaca Al-Qur’an berdasarkan ilmu tajwid secara baik dan benar.

CP-KU13: Mampu menghafal Al-Qur’an juz 30 dan ibadah praktis dengan baik dan benar.

Lulusan program sarjana pendidikan kimia  wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut :

CP-KK1: Mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran kimia di sekolah secara terbimbing sesuai dengan karakteristik bahan kajian dan peserta didik melalui pendekatan saintifik dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran berbasis IPTEKS, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar isi, proses dan penilaian; sehingga peserta didik memiliki keterampilan proses sains, berpikir kritis, kreatif dan pemecahan masalah;

CP-KK2: Mampu mengevaluasi pembelajaran kimia di sekolah sesuai standar isi, proses dan penilaian;

CP-KK3: Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan praktikum dalam rangka pelaksanaan pendekatan saintifik dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang tersedia serta memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan kerja (K3);

CP-KK4: Mampu mengidentifikasi permasalahan pembelajaran kimia, dan memilih alternatif solusi berdasarkan teori dan temuan penelitian yang ada; serta mengimplementasikan dalam penelitian secara terbimbing.

[/su_spoiler][/su_tab] [su_tab title=”SAJIAN MATA KULIAH TIAP SEMESTER” disabled=”no” anchor=”” url=”” target=”blank” class=””]

Semester I
No. Kode Nama Mata Kuliah sks
1 UIN20801 Bahasa Arab 2
2 UIN20802 Bahasa Inggris 2
3 UIN20808 Sejarah Peradaban Islam 2
4 UIN20809 Pancasila dan Kewargaanegaraan 2
5 UIN20810 Bahasa Indonesia 2
6 MKU20809 Pengelolaan Laboratorium Kimia 3
7 MKU20810 Kalkulus 3
8 MKU20816 Kimia Dasar I 4
9 MKL20804 Praktik Ibadah **) 0
Jumlah sks 20
Semester II
No. Kode Nama Mata Kuliah sks
1 UIN20803 Ulumul Quran 2
2 UIN20804 Ulumul Hadits 2
3 UIN20805 Ilmu Tauhid 2
4 UIN20806 Ilmu Akhlak 2
5 UIN20807 Fiqh 2
6 MKU20811 Matematika Kimia 2
7 MKU20812 Biologi Umum 2
8 MKU20813 Fisika Umum 2
9 MKU20817 Kimia Dasar II 4
10 MKL20805 Praktik Tilawah**) 0
Jumlah sks 20
Semester III
No. Kode Nama Mata Kuliah sks
1 FTK20802 Filsafat Pendidikan 2
2 FTK20804 Perkembangan Peserta Didik 2
3 MKU20801 Media Pembelajaran 2
4 MKU20806 Kapita Selekta Kimia I 2
5 MKU20814 Statistika 2
6 MKU20815 Filsafat dan Sejarah Kimia 2
7 MKU20818 Kimia Organik I 4
8 MKU20821 Energetika 4
9 MKL20801 Kom. Tek. Info. Pendidikan 2
Jumlah sks 22
Semester IV
No. Kode Nama Mata Kuliah sks
1 FTK20801 Ilmu Pendidikan 2
2 MKU20802 Evaluasi Pembelajaran 2
3 MKU20803 Belajar dan Pembelajaran 2
4 MKU20807 Kapita Selekta Kimia II 2
5 MKU20819 Kimia Organik II 4
6 MKU20822 Kinetika dan Kesetimbangan 4
7 MKU20823 Kimia Unsur Utama 4
8 MKU20829 Kimia Lingkungan 2
Jumlah sks 22
Semester V
No. Kode Nama Mata Kuliah sks
1 FTK20803 Bimbingan Konseling 2
2 MKU20804 Perencanaan Pembelajaran 2
3 MKU20805 Metodologi Penelitian 2
4 MKU20820 Kimia Organik Lanjut 2
5 MKU20824 Kimia Unsur Transisi 4
6 MKU20825 Analisis Kimia 4
7 MKU20830 Kimia Bahan Makanan 2
8 MKU20831 Kimia Larutan 2
9 MKP20801 Media Pemb. berbasis ICT *) 2
10 MKP20802 Kimia Bahan Alam *)
11 MKP20803 Toksikologi Lingkungan *)
12 MKP20804 Kimia Medisinal *)
Jumlah sks 22
Semester VI
No. Kode Nama Mata Kuliah sks
1 FTK20805 Pengembangan Kepribadian Guru 2
2 FTK20807 Pengenalan Lapangan Persekolahan 4
3 MKU20808 Micro Teaching 2
4 MKU20826 Kimia Pemisahan 4
5 MKU20828 Biokimia 4
6 MKL20802 Kewirausahaan 2
7 MKL20806 Bimb. Penulisan Proposal Skripsi *) 0
8 MKP20805 Pengelolaan dan Pengolahan Limbah *) 2
9 MKP20806 Kimia Adiktif dan Aditif *)
10 MKP20807 Kimia Bahan Alam Lanjut *)
11 MKP20808 Analisis Bahan Ajar Kimia *)
12 MKP20809 Pembelajaran IPA *) 2
13 MKP20810 Kimia Fermentasi *)
14 MKP20811 Konservasi Energi *)
Jumlah sks 22
Semester VII
No. Kode Nama Mata Kuliah sks
1 FTK20806 Pengelolaan Pendidikan 2
2 MKU20827 Instrumentasi Kimia 2
3 MKU20832 Struktur dan Ikatan 2
4 MKU20833 Kimia Inti / Radiokimia 2
5 MKL20803 Kuliah Kerja Nyata 2
6 MKP20812 Pengembangan Produk Media Pembalajaran*) 2
7 MKP20813 Analisis Bahan Makanan *)
8 MKP20814 Analisis Kimia Lingkungan *)
9 MKP20815 Metode Pemisahan Bahan Alam *)
10 MKP20816 Desain Eksperimen Kimia *) 2
11 MKP20817 Kapita Selekta Bahan Alam *)
12 MKP20818 Biokimia Nutrisi *)
Jumlah sks 14
Semester VIII
No. Kode Nama Mata Kuliah sks
1 FTK20808 Komprehensif **) 0
2 MKU20834 Skripsi 6
Jumlah sks 6
Total SKS          : 148
Ket : *)   : Mata Kuliah Pilihan
**) : Mata Kuliah Nol SKS

[/su_tab][/su_tabs]