KURIKULUM
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA -S1
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
[su_tabs active=”3″][su_tab title=”PROFIL LULUSAN” disabled=”no” anchor=”” url=”” target=”blank” class=””]
Profil utama lulusan Program Studi Pendidikan Kimia adalah pendidik pada mata pelajaran kimia di MA/SMA/SMK yang memiliki kompetensi pedagogik, professional, sosial dan kepribadian islami berbasis pendekatan integrasi keilmuan dan keislaman yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi.
No |
Profil | Deskripsi Profil |
1. |
Pendidik kimia |
Pendidik, fasilitator pembelajaran kreatif, inovatif dengan penguasaan materi kimia yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi serta berkepribadian islami |
2. |
Peneliti pemula pendidikan kimia |
Pengkaji permasalahan pendidikan kimia dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah |
[/su_tab] [su_tab title=”CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN” disabled=”no” anchor=”” url=”” target=”blank” class=””][su_spoiler title=”Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai (CP-STN) ” open=”no” style=”simple” icon=”plus-square-1″]
Setiap lulusan Sarjana Program Studi Pendidikan Kimia harus memiliki sikap sebagai berikut:
CP-STN1: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
CP-STN2: Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
CP-STN3: Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
CP-STN4: Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan negara
CP-STN5: Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
CP-STN6: Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
CP-STN7: Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
CP-STN8: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
CP-STN9: Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
CP-STN10: Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
CP-STN11:Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya.
[/su_spoiler][su_spoiler title=”Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan Umum (CP-PU) dan Pengetahuan Khusus (CP-PK) ” style=”simple” icon=”plus-square-1″]
Lulusan program sarjana Pendidikan Kimia wajib memiliki pengetahuan umum sebagai berikut:
CP-PU1: Memiliki pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, dan wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;
CP-PU2: Memiliki pengetahuan terkait dengan cara mengemukakan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
CP-PU3: Memiliki pengetahuan terkait dengan pengembangan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
CP-PU4: Memiliki pengetahuan terkait dengan pengembangan kemampuan berfikir kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;
CP-PU5: Memiliki pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatanlil ‘alamin
CP-PU6: Memiliki kemampuan penguasaan pengetahuan terkait dengan integrasi keilmuan dan keislaman sebagai paradigma keilmuan;
CP-PU7: Mampu mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika keislaman dalam mengembangkan kewirausahaan yang berbasis proses kimia.
Lulusan program sarjana Pendidikan Kimia wajib memiliki pengetahuan khusus sebagai berikut :
CP-PK1: Menguasai konsep teoretis tentang struktur, dinamika, dan energi bahan kimia, serta prinsip dasar pemisahan, analisis, sintesis dan karakterisasinya;
CP-PK2: Menguasai konsep teoretis tentang teori pendidikan, perkembangan peserta didik, pengetahuan pedagogik kimia, metodologi pembelajaran, kurikulum, dan evaluasi pembelajaran;
CP-PK3: Menguasai prinsip-prinsip K3 (Keselamatan dan Keamanan Kerja), pengelolaan laboratorium dan penggunaan peralatannya serta cara mengoperasikan instrumen kimia;
CP-PK4: Menguasai dasar-dasar metode ilmiah dan prinsip-prinsip penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran kimia.
[/su_spoiler][su_spoiler title=”Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum (CP-KU) dan Keterampilan Khusus (CP-KK) ” style=”simple” icon=”plus-square-1″]
Lulusan Program Sarjana Pendidikan Kimia wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:
CP-KU1: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
CP-KU2: Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
CP-KU3: Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tatacara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
CP-KU4: Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam perguruan tinggi.
CP-KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
CP-KU6: Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
CP-KU7: Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
CP-KU8: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
CP-KU9: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi;
CP-KU10: Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;
CP-KU11: Mampu berkomunikasi dengan baik minimal secara tulisan dengan menggunakan bahasa Inggris dan/atau Arab dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
CP-KU12: Mampu membaca Al-Qur’an berdasarkan ilmu tajwid secara baik dan benar.
CP-KU13: Mampu menghafal Al-Qur’an juz 30 dan ibadah praktis dengan baik dan benar.
Lulusan program sarjana pendidikan kimia wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut :
CP-KK1: Mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran kimia di sekolah secara terbimbing sesuai dengan karakteristik bahan kajian dan peserta didik melalui pendekatan saintifik dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran berbasis IPTEKS, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar isi, proses dan penilaian; sehingga peserta didik memiliki keterampilan proses sains, berpikir kritis, kreatif dan pemecahan masalah;
CP-KK2: Mampu mengevaluasi pembelajaran kimia di sekolah sesuai standar isi, proses dan penilaian;
CP-KK3: Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan praktikum dalam rangka pelaksanaan pendekatan saintifik dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang tersedia serta memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan kerja (K3);
CP-KK4: Mampu mengidentifikasi permasalahan pembelajaran kimia, dan memilih alternatif solusi berdasarkan teori dan temuan penelitian yang ada; serta mengimplementasikan dalam penelitian secara terbimbing.
[/su_spoiler][/su_tab] [su_tab title=”SAJIAN MATA KULIAH TIAP SEMESTER” disabled=”no” anchor=”” url=”” target=”blank” class=””]
Semester I | |||
No. | Kode | Nama Mata Kuliah | sks |
1 | UIN20801 | Bahasa Arab | 2 |
2 | UIN20802 | Bahasa Inggris | 2 |
3 | UIN20808 | Sejarah Peradaban Islam | 2 |
4 | UIN20809 | Pancasila dan Kewargaanegaraan | 2 |
5 | UIN20810 | Bahasa Indonesia | 2 |
6 | MKU20809 | Pengelolaan Laboratorium Kimia | 3 |
7 | MKU20810 | Kalkulus | 3 |
8 | MKU20816 | Kimia Dasar I | 4 |
9 | MKL20804 | Praktik Ibadah **) | 0 |
Jumlah sks | 20 |
Semester II | |||
No. | Kode | Nama Mata Kuliah | sks |
1 | UIN20803 | Ulumul Quran | 2 |
2 | UIN20804 | Ulumul Hadits | 2 |
3 | UIN20805 | Ilmu Tauhid | 2 |
4 | UIN20806 | Ilmu Akhlak | 2 |
5 | UIN20807 | Fiqh | 2 |
6 | MKU20811 | Matematika Kimia | 2 |
7 | MKU20812 | Biologi Umum | 2 |
8 | MKU20813 | Fisika Umum | 2 |
9 | MKU20817 | Kimia Dasar II | 4 |
10 | MKL20805 | Praktik Tilawah**) | 0 |
Jumlah sks | 20 |
Semester III | |||
No. | Kode | Nama Mata Kuliah | sks |
1 | FTK20802 | Filsafat Pendidikan | 2 |
2 | FTK20804 | Perkembangan Peserta Didik | 2 |
3 | MKU20801 | Media Pembelajaran | 2 |
4 | MKU20806 | Kapita Selekta Kimia I | 2 |
5 | MKU20814 | Statistika | 2 |
6 | MKU20815 | Filsafat dan Sejarah Kimia | 2 |
7 | MKU20818 | Kimia Organik I | 4 |
8 | MKU20821 | Energetika | 4 |
9 | MKL20801 | Kom. Tek. Info. Pendidikan | 2 |
Jumlah sks | 22 |
Semester IV | |||
No. | Kode | Nama Mata Kuliah | sks |
1 | FTK20801 | Ilmu Pendidikan | 2 |
2 | MKU20802 | Evaluasi Pembelajaran | 2 |
3 | MKU20803 | Belajar dan Pembelajaran | 2 |
4 | MKU20807 | Kapita Selekta Kimia II | 2 |
5 | MKU20819 | Kimia Organik II | 4 |
6 | MKU20822 | Kinetika dan Kesetimbangan | 4 |
7 | MKU20823 | Kimia Unsur Utama | 4 |
8 | MKU20829 | Kimia Lingkungan | 2 |
Jumlah sks | 22 |
Semester V | |||
No. | Kode | Nama Mata Kuliah | sks |
1 | FTK20803 | Bimbingan Konseling | 2 |
2 | MKU20804 | Perencanaan Pembelajaran | 2 |
3 | MKU20805 | Metodologi Penelitian | 2 |
4 | MKU20820 | Kimia Organik Lanjut | 2 |
5 | MKU20824 | Kimia Unsur Transisi | 4 |
6 | MKU20825 | Analisis Kimia | 4 |
7 | MKU20830 | Kimia Bahan Makanan | 2 |
8 | MKU20831 | Kimia Larutan | 2 |
9 | MKP20801 | Media Pemb. berbasis ICT *) | 2 |
10 | MKP20802 | Kimia Bahan Alam *) | |
11 | MKP20803 | Toksikologi Lingkungan *) | |
12 | MKP20804 | Kimia Medisinal *) | |
Jumlah sks | 22 |
Semester VI | |||
No. | Kode | Nama Mata Kuliah | sks |
1 | FTK20805 | Pengembangan Kepribadian Guru | 2 |
2 | FTK20807 | Pengenalan Lapangan Persekolahan | 4 |
3 | MKU20808 | Micro Teaching | 2 |
4 | MKU20826 | Kimia Pemisahan | 4 |
5 | MKU20828 | Biokimia | 4 |
6 | MKL20802 | Kewirausahaan | 2 |
7 | MKL20806 | Bimb. Penulisan Proposal Skripsi *) | 0 |
8 | MKP20805 | Pengelolaan dan Pengolahan Limbah *) | 2 |
9 | MKP20806 | Kimia Adiktif dan Aditif *) | |
10 | MKP20807 | Kimia Bahan Alam Lanjut *) | |
11 | MKP20808 | Analisis Bahan Ajar Kimia *) | |
12 | MKP20809 | Pembelajaran IPA *) | 2 |
13 | MKP20810 | Kimia Fermentasi *) | |
14 | MKP20811 | Konservasi Energi *) | |
Jumlah sks | 22 |
Semester VII | |||
No. | Kode | Nama Mata Kuliah | sks |
1 | FTK20806 | Pengelolaan Pendidikan | 2 |
2 | MKU20827 | Instrumentasi Kimia | 2 |
3 | MKU20832 | Struktur dan Ikatan | 2 |
4 | MKU20833 | Kimia Inti / Radiokimia | 2 |
5 | MKL20803 | Kuliah Kerja Nyata | 2 |
6 | MKP20812 | Pengembangan Produk Media Pembalajaran*) | 2 |
7 | MKP20813 | Analisis Bahan Makanan *) | |
8 | MKP20814 | Analisis Kimia Lingkungan *) | |
9 | MKP20815 | Metode Pemisahan Bahan Alam *) | |
10 | MKP20816 | Desain Eksperimen Kimia *) | 2 |
11 | MKP20817 | Kapita Selekta Bahan Alam *) | |
12 | MKP20818 | Biokimia Nutrisi *) | |
Jumlah sks | 14 |
Semester VIII | |||
No. | Kode | Nama Mata Kuliah | sks |
1 | FTK20808 | Komprehensif **) | 0 |
2 | MKU20834 | Skripsi | 6 |
Jumlah sks | 6 | ||
Total SKS : | 148 | ||
Ket : | *) : Mata Kuliah Pilihan | ||
**) : Mata Kuliah Nol SKS |
[/su_tab][/su_tabs]