Berita

Kuliah Umum sebagai Bentuk Pengarahan dan Sosialisasi Program Kuliah di Semester Genap TA 2019/2020

Bandung – Senin (2/3) sebanyak lebih kurang 160 mahasiswa yang terdiri dari semester dua dan semester enam mengikuti kuliah umum yang diselenggarakan di Aula Fakultas Tarbiyah dan Keguruan pada pukul 13.30 – 16.00 WIB. Kuliah umum merupakan pertemuan rutin yang diselenggarakan oleh prodi pendidikan kimia yang diadakan sebelum memulai perkuliahan dengan tujuan untuk memberikan informasi mengenai sistem perkuliahan semester baru dan sebagai wadah untuk mahasiwa berbagi pendapat sebagai evaluasi dari perkuliahan di semester sebelumnya. Kuliah umum ini dilaksanakan di awal semester genap tahun ajaran 2019/2020.

Acara ini dihadiri dan diisi langsung oleh Ketua Program Studi Pendidikan Kimia beserta jajaran dosen pendidikan kimia, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan, kemudian dilanjutkan dengan acara utama yaitu pengarahan dan sosialisasi akademik, diakhiri dengan do’a bersama.

Sambutan pertama disampaikan oleh dosen sekaligus sekretaris jurusan pendidikan MIPA, Cucu Zenab Subarkah. Ia menyampaikan motivasi agar mahasiswa dapat belajar lebih baik lagi dari semester sebelumnya “Tidak boleh menyesali apa yang telah dilakukan, yang penting introspeksi. Ayo perbaiki! Yang paling penting dan dihargai Allah adalah usaha untuk memperbaiki diri sehingga hidup ada peningkatan.”

Kemudiann acara dilanjutkan dengan pengarahan dan sosialisasi akademik yang disampaikan oleh Ida Farida selaku ketua program studi pendidikan kimia. Beberapa hal penting disampaikan oleh Ida yakni mengingatkan kembali visi misi program studi pendidikan kimia, sistem perkuliahan, bimbingan studi, aturan dan tata tertib perkuliahan. Adapun yang harus dicatat oleh mahasiswa pada perkuliahan semester genap ini adalah mulai diberlakukannya pembelajaran secara daring. Sistem perkuliahan akan terdiri oleh 60% tatap muka dan 40% perkuliahan daring menggunakan Learning Management System yaitu Moodle.

Tak hanya itu, Ida memberikan motivasi serta tips kepada setiap mahasiswa dalam menjalankan perkuliahan semester ini “Buat target dan tetap ikhtiar dengan sabar dan perbanyak sholat. Biasakan tidur jam sepuluh malam kemudian bangun jam dua pagi, pada jam tersebut merupakan waktu regenerasi otak sehingga otak menjadi fresh. Lakukanlah secara rutin dan tidak terputus dan buatlah sebagai kebutuhan.” Iapun mengingatkan agar mahasiswa dapat berkomitmen dalam mengatur waktu dengan baik.

Dok. Suasana kuliah umum, senin (2/3) di Aula Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Pengarahan dan sosialisasi akademik dilanjutkan oleh Sari selaku ketua laboratorium pendidikan kimia. Dalam pengarahannya mengenai laboratorium, Sari menyampaikan beberapa perubahan kegiatan praktikum yakni jam praktikum yang dimulai lebih pagi dan kegiatan responsi yang diagendakan diadakan pada minggu ketiga bulan Maret kemudian praktikum yang akan dilaksanakan hingga akhir bulan April. Selain itu, ia menegaskan kepada setiap mahasiswa untuk mematuhi dengan baik segala peraturan yang ada meliputi tepat waktu dalam memulai praktikum hingga pengumpulan laporan praktikum.

Acara ditutup dengan do’a dan dilakukan foto bersama seluruh mahasiswa dan dosen yang menghadiri kuliah umum. Dengan diadakannya kuliah umum ini diharapkan mahasiswa dapat lebih mempersiapkan perkuliahan di semester ini dan mendapatkan peningkatan dari semester sebelumnya.

Reporter: Dewi Shinta Anggraeni – PPM HAMKA

Redaktur: Dias Luciana Widi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *