BeritaEventHAMKAUncategorized

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia (HAMKA) UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah berhasil menyelenggarakan Chemistry Education Fair (CEF) 2023

Bandung, 11 September 2023

Pendidikan sains berkualitas adalah fondasi utama untuk menciptakan sumber daya manusia yang kompeten dan mampu bersaing di panggung global. Dalam upaya untuk memperkaya pengetahuan dan menciptakan minat sains yang kuat di kalangan siswa SMA, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia (HAMKA) UIN Sunan Gunung Djati Bandung sukses menggelar Chemistry Education Fair (CEF) 2023. Acara ini bukan sekadar ajang kompetisi, tetapi juga merupakan upaya nyata untuk memajukan potensi sumber daya manusia melalui Chemistry Olympiad Competition (COC) dan National Essay Competition (NEC).

Kegiatan Chemistry Education Fair (CEF) menjadi bukti konkret bahwa pendidikan sains yang berkualitas dapat dicapai melalui berbagai cara, salah satunya dengan mengadakan olimpiade kimia tingkat SMA sederajat. Tujuan utama kompetisi ini adalah untuk membangkitkan kecintaan siswa SMA terhadap sains, khususnya dalam bidang kimia, serta untuk melatih kemampuan mereka dalam menganalisis dan mendiskusikan berbagai masalah dunia nyata, seperti masalah lingkungan, kesehatan, dan teknologi, melalui sudut pandang ilmu kimia.

Saat ini, pemerintah dan berbagai instansi di Indonesia telah mulai mengenali pentingnya berinvestasi dalam pembentukan sumber daya manusia yang unggul secara intelektual, yang mampu bersaing secara global. Salah satu langkah penting dalam hal ini adalah melalui penyelenggaraan olimpiade kimia di tingkat SMA sederajat. Namun, tantangan yang dihadapi adalah kurangnya kesadaran dan promosi yang luas terkait dengan kegiatan tersebut, yang menyebabkan hanya sejumlah sekolah tertentu yang dapat mengikutsertakan siswa-siswanya dalam olimpiade tersebut.

Dalam Chemistry Education Fair (CEF) 2023, kegiatan ini dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu Chemistry Olympiad Competition (COC) yang melibatkan siswa SMA sederajat se-Bandung Raya, dan National Essay Competition (NEC) yang menantang para penulis muda untuk menyampaikan pandangan dan solusi mereka terhadap masalah sains dan kimia melalui tulisan. Kegiatan Chemistry Education Fair (CEF) ini tidak hanya mengundang peserta dari berbagai sekolah di Bandung Raya untuk berkompetisi secara aktif, tetapi juga memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk berkembang dan mengejar minat mereka dalam ilmu kimia dan sains secara lebih luas.

 Chemistry Olympiad Competition (COC)

Kegiatan Chemistry Olympiad Competition (COC) yang bertema “Empowering the Potential of Indonesia’s Young Generation through Chemistry Competition” tidak hanya menjadi kompetisi kimia biasa, tetapi juga sebuah upaya menginspirasi dan mengajak siswa untuk meresapi pesona ilmu kimia. Ini adalah wadah untuk mengasah kemampuan akademik, membangun pemahaman yang mendalam tentang berbagai aspek kimia, dan mengaitkannya dengan masalah dunia nyata seperti lingkungan, kesehatan, dan teknologi. Materi Chemistry Olympiad Competition (COC) melibatkan pemahaman mendalam tentang Kecenderungan Periodik, Stoikiometri, Kimia Anorganik, Kimia Organik, Biokimia, Kimia Fisika, dan Kimia Analitik. Semua ini dirancang untuk menguji sejauh mana siswa SMA mampu menerapkan konsep-konsep kimia yang mereka pelajari dalam konteks dunia nyata.

Kegiatan perlombaan ini dibagi menjadi tiga babak, yang menguji siswa secara intensif. Babak Penyisihan terdiri dari dua putaran: putaran pertama secara daring melalui Zoom Meeting dan putaran kedua yang dilakukan secara offline. Lima tim dengan penampilan terbaik di putaran kedua melangkah maju ke babak semi final yang juga terdiri dari dua putaran. Tiga tim dengan nilai tertinggi di babak semi final melaju ke babak final yang menampilkan berbagai jenis pertanyaan, termasuk pertandingan cerdas cermat dengan bobot soal bervariasi.

Timeline kompetisi ini dimulai dari pendaftaran peserta di dua gelombang pada bulan Juli dan Agustus 2023 hingga acara puncak pada tanggal 27 Agustus 2023. Berbagai acara menarik juga menjadi bagian dari Chemistry Education Fair (CEF), termasuk technical meeting dan acara pembukaan yang diadakan pada tanggal 20 Agustus 2023.

Peserta Chemistry Olympiad Competition (COC) banyak menarik dari berbagai sekolah di Bandung Raya, perlombaan ini diikuti kurang lebih oleh 20 SMA sederajat se-Bandung Raya yang menciptakan persaingan yang ketat. Dengan hasil akhir mengungkapkan prestasi luar biasa dari siswa-siswa tersebut. Berikut adalah daftar peserta yang berhasil mencapai babak semi final dan final beserta juara-juaranya:

Peserta Babak Semi Final:

  1. MAN 2 Kota Bandung
  2. MAS ASSURUUR
  3. SMA Alfa Centauri
  4. TIM A SMKN 13 Bandung
  5. TIM B SMKN 13 Bandung

Peserta Babak Final:

  1. MAN 2 Kota Bandung
  2. SMA Alfa Centauri
  3. TIM B SMK 13 Bandung

Juara-juara COC 2023:

  • Juara 1: MAN 2 Kota Bandung
  • Juara 2: SMA Alfa Centauri
  • Juara 3: TIM B SMK 13 Bandung
  • Juara Harapan 1: MAS ASSURUUR
  • Juara Harapan 2: TIM A SMKN 13 Bandung

Para juara bukan hanya mendapatkan penghargaan, tetapi juga hadiah uang pembinaan, piala, serta piagam penghargaan. Semua peserta juga memperoleh sertifikat sebagai pengakuan atas partisipasi mereka dalam kompetisi ini, bersama dengan merchandise sebagai kenang-kenangan.

Kegiatan Chemistry Olympiad Competition (COC) 2023 ini diharapkan dapat menjadi pendorong penting dalam mengubah wajah pendidikan kimia di Indonesia dan memicu minat sains yang kuat di kalangan siswa SMA. Ini adalah langkah maju yang berharga dalam memajukan sumber daya manusia Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi dalam dunia sains yang semakin bersaing secara global.

Chemistry Education Fair (CEF) 2023 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia (HAMKA) UIN Sunan Gunung Djati Bandung mencapai puncaknya dengan sukses menggelar National Essay Competition (NEC) yang mengusung tema ambisius, “Inovasi Generasi Muda dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals 2030″. Subtema yang dimasukkan dalam kompetisi ini mencakup sains, pendidikan, teknologi, lingkungan, energi terbarukan, dan kesehatan.

National Essay Competition (NEC)

National Essay Competition (NEC) adalah kompetisi menulis yang menantang pemuda-pemudi Indonesia untuk menggali ide-ide kreatif mereka dan menghasilkan tulisan yang mendalam tentang isu-isu penting yang berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. SDGs adalah agenda global yang bertujuan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan, dan kompetisi ini memberikan peluang berharga bagi peserta untuk berkontribusi pada pencapaian tujuan tersebut.

Kegiatan National Essay Competition (NEC) dimulai dengan pendaftaran peserta dalam dua gelombang dari tanggal 23 Juli hingga 12 Agustus 2023. Selama periode ini, peserta mengumpulkan karya tulis mereka yang menggali berbagai isu SDGs yang relevan dengan subtema yang mereka pilih. Proses penjurian dan penilaian berlangsung dari 13 hingga 15 Agustus 2023, dan hasilnya diumumkan pada tanggal 17 Agustus 2023. Para finalis kemudian mengikuti technical meeting pada tanggal 19 Agustus 2023 untuk persiapan presentasi karya mereka.

Para finalis National Essay Competition (NEC) kemudian mempresentasikan karyanya secara langsung melalui Zoom Meeting pada tanggal 25 Agustus 2023. Ini adalah momen penting di mana mereka dapat berbagi ide-ide mereka dengan audiens yang beragam, termasuk juri yang berkompeten.

Peserta National Essay Competition (NEC) berasal dari berbagai sekolah di Bandung Raya dan melibatkan kurang lebih 25 siswa-siswi SMA sederajat. Dari peserta yang berbakat ini, 5 finalis terbaik berhasil lolos ke tahap presentasi secara langsung. Mereka adalah:

Finalis 5 Besar (Presentasi Karya):

  1. Raihan Al Fikri (SMA ALFA CENTAURI)
  2. Rahma Nur Lailatul I (MA ZAKARIA)
  3. Nadziroh Fatia Rahmani (MA ZAKARIA)
  4. Jasmin Putri Hanifah (MA ZAKARIA)
  5. Baruna Wahyudi Putri (MA MATHALIUL ANWAR)

Pertarungan sengit berlanjut pada hari presentasi, di mana finalis berkompetisi dengan penuh semangat untuk menyampaikan ide-ide inovatif mereka. Setelah penilaian ketat, pengumuman juara akhirnya diumumkan pada tanggal 26 Agustus 2023:

Juara NEC 2023:

  • Juara 1: Raihan Al Fikri (SMA ALFA CENTAURI)
  • Juara 2: Baruna Wahyudi Putri (MA MATHALIUL ANWAR)
  • Juara 3: Rahma Nur Lailatul I (MAS ZAKARIA)

National Essay Competition (NEC) 2023 bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga tentang menginspirasi pemuda-pemudi Indonesia untuk menjadi agen perubahan dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan yang lebih baik. Kegiatan ini menunjukkan bahwa ide-ide inovatif generasi muda memiliki potensi besar untuk menciptakan perubahan positif di dunia.

HAMKA UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan bangga mengumumkan bahwa Chemistry Education Fair (CEF) 2023 adalah langkah berharga dalam mengembangkan kualitas pendidikan kimia dan sains di Indonesia. Semoga ini menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan lainnya untuk mengadakan acara serupa dan memajukan sumber daya manusia Indonesia menuju masa depan yang lebih cerah dan berdaya saing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *