BeritaHAMKA

HAMKA UIN Sunan Gunung Djati Bandung Bantu Mahasiswa Libur Jadi Produktif

Sabtu, 07 Maret 2020 Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia (HAMKA) UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan Pelatihan Menulis Karya Tulis Ilmiah & Seminar Jurnalistik di Aula Kopertais . Dengan mengusung tema “Revitalisasi Peran Mahasiswa sebagai Social Controller melalui Keterampilan Menulis Karya Ilmiah dan Jurnalustik di Era Reformasi”. Dalam sambutannya Ahmad Zulfiqor, selaku Ketua Umum HAMKA berharap melalui kegiatan ini semua peserta yang perannya sebagai mahasiswa dapat berperan aktif dalam meminimalisir berita-berita hoax yang semakin marak di era digital saat ini. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai sarana dalam menambah ilmu pengetahuan dalam penyusunan karya ilmiah yang baik dan benar.

    Dalam kegiatan yang diadakan di aula gedung Kopertais UIN SGD Bandung kampus 1 ini dihadiri oleh kurang lebih 160 peserta yang datang dari berbagai jurusan yang ada di UIN Bandung, seperti jurusan Jurnalistik, Teknik Informatika, Ilmu komunikasi Humas, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Biologi. Tidak hanya dari mahasiswa UIN SGD Bandung sendiri, ada juga peserta yang datang dari salah satu universitas swasta yang ada di Garut.

Banyaknya peserta yang datang dalam kegiatan ini karena salah satu daya tariknya yaitu panitia kegiatan mengundang pemateri-pemateri yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing. Ibu Taty Aisah, S.IKom sebagai Corporate Communicatins Pikiran Rakyat menjadi pemateri pertama yang memberikan informasi mengenai kejurnalistikan seperti kode etik jurnalistik, bagaimana menjadi seorang jurnalis  juga pengalamannya di bidang jurnalistik. Rico Artanto yang merupakan Founder Pondok Inspirasi juga menjadi pemateri di ranah penulisan khususnya dalam menulis karya ilmiah dengan baik dan benar.

Kegiatan berlangsung dengan lancar dan terorganisir dengan baik. Seminar jurnalistik yang disajikan diawal acara mendapat respon yang baik dari peserta. Terlihat dari antusias peserta yang mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait dunia kejurnalistikan. Respon positif juga diberikan oleh peserta pada pelatihan menulis karya ilmiah yang memberikan motivasi kepada peserta untuk terus menghasilkan karya melalui menulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *