Uncategorized

HAMKA (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia) Gelar Program “Chemistry For Other” di Desa Jati Endah, Kabupaten Bandung

Kabupaten Bandung, 6 Januari 2024 – Dalam upaya untuk memberikan kontribusi positif pada masyarakat dan memfasilitasi mahasiswa/i pendidikan kimia dalam pengabdian kepada masyarakat, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia (HAMKA) periode 2023-2024 sukses menyelenggarakan program “Chemistry For Other” di Desa Jati Endah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 16 September hingga 16 Desember 2023.

Program Desa Binaan ini menjadi wadah bagi mahasiswa/i pendidikan kimia untuk melibatkan diri secara aktif dalam pengabdian masyarakat dan memberikan pengalaman yang berharga. Tujuan utama kegiatan ini adalah memfasilitasi mahasiswa/i dalam menerapkan ilmu kimia mereka kepada masyarakat, memberikan inovasi baru selama pengabdian, serta memberikan manfaat berupa peningkatan wawasan dan ilmu kepada masyarakat.

Ketua Pelaksana Kegiatan, [Nama Ketua], menjelaskan bahwa tema kegiatan ini adalah “Pemberdayaan Wawasan Saintifik dan Pendidikan Kreatif Untuk Mewujudkan Masyarakat Inovatif dan Kreatif,” dengan slogannya “Bungkam dengan Aksi, Mengabdi Tanpa Henti!”.

Beberapa kegiatan menarik yang dilaksanakan dalam program ini mencakup:

Opening Desa Binaan (16 September 2023):

Opening dilaksanakan di masjid As-Sakinah Rt. 04 Rw.19 di Desa Jati Endah, Kabupaten Bandung. Sambutan yang hangat dan antusias dari masyarakat setempat memberikan nuansa yang rukun dan damai di masjid tersebut yang menjadi saksi awal perjalanan Desa Binaan HAMKA (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia). Mahasiswa/i HAMKA mengenakan Almamater kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan didampingi oleh beberapa dosen Prodi Pendidikan Kimia.

Suasana hening memenuhi masjid, menandakan dimulainya acara dengan berkah dan keberkahan. Kemudian, terdengar lantunan ayat suci Al-Qur’an yang memberikan nuansa spiritualitas dan keharmonisan.

Acara pembukaan diawali dengan kata-kata doa dan nasihat bijak dari seorang ulama setempat, menggarisbawahi pentingnya kegiatan ini dalam konteks pemberdayaan masyarakat yang senantiasa diberkahi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Sosialisasi ECO Enzym (Sabtu, 21 Oktober 2023):

    Kegiatan dimulai dengan sambutan hangat dari mahasiswa/i, menyampaikan informasi seputar eco-enzym dan dampak positifnya dalam kehidupan sehari-hari. Warga desa diajak untuk turut serta dalam workshop sederhana, di mana mereka dapat membuat eco-enzym sendiri dengan bimbingan dari mahasiswa/i dan para dosen prodi Pendidikan Kimia. Suasana ramai dengan tawa dan semangat belajar, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan.

    Selain edukasi, kegiatan ini juga melibatkan seni dan kreativitas. Anak-anak desa dengan antusias menghiasi potongan-potongan kertas dan kain yang melambangkan eco-enzym. Para pemuda dan pemudi desa ikut serta dalam lomba membuat poster edukatif, menunjukkan kegembiraan mereka dalam belajar konsep ramah lingkungan.

    Sosialisasi ECO Enzym bukan hanya memberikan pengetahuan praktis, tetapi juga membangun ikatan erat antara mahasiswa/i dan masyarakat. Semangat kepedulian terhadap lingkungan dan kebersamaan begitu kental terasa, menjadi fondasi kuat untuk terus melanjutkan program Desa Binaan dengan semangat yang sama.

    Fun Science (Sabtu, 04 November 2023):

    Kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam serangkaian eksperimen sains yang menyenangkan untuk meningkatkan minat terhadap ilmu pengetahuan.

    Sosialisasi Materi Kimia dan Pendampingan Produk Halal (Sabtu, 18 November 2023):

    Mahasiswa/i memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang sabun kefir, eco-enzym, zat aditif dan adiktif, serta memberikan pendampingan terkait produk halal.

    Mabit (Sabtu, 18 November 2023):

    Kegiatan malam binaan yang mempererat hubungan antara mahasiswa dan masyarakat desa.

    Closing (Sabtu, 16 Desember 2023):

    Penutupan kegiatan dengan apresiasi terhadap kontribusi mahasiswa/i dan hasil positif yang telah dicapai selama program Desa Binaan.

    Dengan serangkaian kegiatan yang beragam, Chemistry For Other di Desa Jati Endah berhasil mencapai tujuannya dalam memberdayakan masyarakat, menginspirasi mahasiswa, dan menciptakan lingkungan yang inovatif dan kreatif. Program ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi kegiatan serupa di masa depan yang melibatkan mahasiswa dalam pengabdian pada masyarakat.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *