BeritaHAMKA

Bekali Pengurus Baru, HAMKA Selenggarakan Basic Training Organization

Bandung – HAMKA (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia) telah menyelenggarkan Basic Training Organization yang merupakan Langkah awal dalam Pembekalan materi dalam hal keorganisasian.  Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang PAO HAMKA secara rutin dalam setiap tahun kepengurusannya. Acara ini dihadiri oleh Jajaran Pengurus HAMKA 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 02 Desember 2019 di aula Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan mengusung Tema “Internalisasi Nilai-nilai Keorganisasian dalam Terwujudnyua HAMKA yang Berintegrasi dan Profesional”. Diharapkan HAMKA dalam satu tahun kepengurusannya dapat bekerja dengan professional dalam menjalankan kewajibannya dalam berorganisasi.

Dalam sambutannya sekaligus membuka Acara BTO ini, Ketua Umum HAMKA Agi Achmad Fauzi berpesan sekaligus mengingatkan kembali untuk “Besarkan nama HAMKA dalam Namamu, bukan membesarkan namamu dalam HAMKA”.

Setelah Acara resmi dibuka, Disajikan tiga materi pokok dalam BTO ini. Materi pertama disampaikan oleh Ujang Supiandi S.Pd. menganai Keadministrasian yang sangat penting bagi Pengurus suatu Organisasi.

Ujang Supiandi, S. Pd., Sedang menyampaikan materi keadministrasian di kegiatan BTO HAMKA 2019, Sabtu (02/02/2019). Ujang merupakan demisioner sekretaris umum HAMKA periode 2016-2017.
Foto : Panitia BTO

Beliau membekali hal-hal penting dalam keadministrasian di organisasi, diantaranya seperti surat menyurat, laporan pertanggungjawaban , dan proposal.

Materi yang kedua mengenai Konstitusi dan Trias Politika Kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung disampaikan oleh Ari Muhammad Syafari yang merupakan Senat Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ari Muhammad Syafari, sedang menyampaikan materi mengenai Konstitusi dan Trias Politika UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada kegiatan BTO HAMKA 2019.
Sabtu (02/02/2019). Ari merupakan Senat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Komisi Keorganisasian.
Foto : Panitia BTO

Beliau menyampaikan bahwa “Mahasiswa harus mencari jati diri, penemuan hakikat baru , dan mengaktualisasikan diri dan jadilah mahasiswa yang berproses dan harus berprogress”

Materi terakhir mengenai Manajemen Kepemimpinan Organisasi disampaikan oleh Ketua Umum HAMKA 2018  Ii Ishak Fauzi, dalam manajemen ini beliau menyampaikan bahwa setiap orang mempunyai paradigma masing masing dan juga berbeda-beda, sehingga semua itu harus dimanage dengan baik agar perbedaan yang ada di setiap pribadi berdampak baik bagi organisasi.


Ii Ishak Fauzi, sedang menyampaikan materi mengenai Manajemen Kepemimpinan dan Organisasi pada kegiatan BTO HAMKA 2019.
Sabtu (02/02/2019). Ii merupakan demisioner Ketua Umum HAMKA tahun 2018.
Foto : Panitia BTO

Seperti ajaran Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara “Ing ngarso sung tulodo, ing madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani”, yang mempunyai peran memberi tauladan ketika di depan, mempunyai kemauan dan niat di tengah dan memberikan semangat dan dorongan dibelakang.

Penulis: Siti Munawaroh (PPM HAMKA)

Editor : Rd. Ismail Hakim, Mahasiswa Pendidikan Kimia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *